Profesi Mulia, Bidan Juga Menguntungkan Dalam Segi Penghasilan

Admin,
2 Maret 2022 - 3:36

Bidan menawarkan layanan kesehatan primer untuk wanita yang biasanya disediakan oleh dokter kandungan. Secara historis, mereka bertanggung jawab merawat calon ibu dan ibu baru sebelum ke rumah sakit dan dokter.

Di beberapa bagian dunia, bidan bekerja secara eksklusif untuk perawatan prenatal dan postpartum. Sedangkan dokter kandungan dan spesialis lainnya hanya dimasukkan dalam kasus yang cukup berisiko.

Sebagai bidan, Anda dapat menawarkan perawatan terperinci dan individual untuk ibu hamil. Mereka juga bisa menciptakan lingkungan yang mendukung dan positif guna membantu wanita dalam proses persalinan alami dan aman.

Beberapa program yang biasanya dilakukan oleh bidan, antara lain yakni merencanakan dan mempersonalisasi kelahiran, menghabiskan waktu mengajar tentang perawatan pribadi dan kebiasaan hidup sehat, membantu mengelola perubahan fisik serta emosional.

Pada umumnya, bidan merawat wanita yang sehat. Sebab pasien dengan kondisi medis atau obsetrik tertentu seharusnya dirujuk ke dokter spesialis kandungan. Mereka juga menawarkan layanan keluarga berencana, pemeriksaan ginekologis, persalinan, prakonsepsi, prenatal dan perawatan postpartum. Nah, jika Anda tertarik dengan bidang ini, maka ada tiga jenis spesialisasi:

  •           Direct-Entry Midwife

Ialah bidan yang harus memiliki latar belakang pendidikan perawatan kesehatan dan beberapa pelatihan kebidanan.

  •           Bidan bersertifikat

Ialah bidan yang telah menerima pendidikan kebidanan dan terakreditasi.

  •           Bidan perawat bersertifikat

Ialah perawat terdaftar yang juga telah menyelesaikan pelatihan kebidanan dan terakreditasi. Mereka diberi lisensi agar bisa melaksanakan tugas di berbagai negara dunia.

Menjadi bidan yang telah bersertifikasi dan diakui akan sangat menguntungkan untuk peluang karir dan potensi penghasilan. Langkah pertama untuk mencapai karir ini adalah menyelesaikan pendidikan kebidanan dan praktik sebagai asisten terlebih dahulu di rumah sakit atau tempat bersalin. Sembari mencari pengalaman, beberapa rumah sakit menawarkan program sertifikasi, yang mana Anda akan ditinjau baik dalam hal kemampuan, pengalaman dan pendidikan.

 

Apakah tertarik dengan profesi mulia ini? 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp